Distributor plastik sampah medis merk Urban Plastic memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan plastik sampah medis kepada konsumen sehingga konsumen yang membutuhkan dapat memperoleh apa yang dibutuhkan. Tidak seperti plastik sampah pada umumnya, plastik sampah medis dibuat secara khusus dan menggunakan warna tertentu sebagai penanda. Plastik ini dirancang khusus agar tidak terjadi pencampuran antara limbah biasa dengan limbah atau sampah medis. Kenapa sampah medis dan sampah biasa harus dipisah? Karena sampah medis berhubungan erat dengan penyakit secara langsung. Bisa saja sampah atau limbah tersebut berasal dari pasien yang memiliki penyakit menular. Bisa juga limbah medis tersebut merupakan limbah yang mengandung bahan kimia atau unsur radioaktif yang berbahaya.

Apabila limbah atau sampah medis tersebut tidak dipisah dari sampah rumah tangga biasa dan tidak diperlakukan khusus, maka akan ada banyak pihak yang dirugikan. Oleh karena itulah plastik sampah medis dirancang agar tampak berbeda dan dibedakan dari plastik sampah yang digunakan untuk limbah rumah tangga. Setidaknya ada empat jenis plastik sampah yang digunakan khusus untuk menampung limbah medis, semuanya dibedakan berdasarkan warna yaitu kuning, merah, coklat, dan ungu. Masing-masing jenis plastik sampah medis ini dapat diperoleh dari distributor plastik sampah medis merk Urban Plastic. Di samping plastik sampah medis, ada juga plastik sampah khusus yang digunakan untuk menampung limbah non-medis, yaitu yang berwarna hitam.

Distributor Plastik Sampah Medis merk Urban Plastic dan Jenis Plastik Sampah Medis

Berdasarkan warnanya, ada lima jenis plastik sampah. Namun, dari kelima jenis plastik sampah yang dapat dibedakan warnanya tersebut, plastik sampah yang digunakan khusus untuk menampung limbah medis ada empat, yaitu plastik sampah berwarna merah, kuning, coklat, dan ungu yang dapat diperoleh dari distributor plastik sampah medis merk Urban Plastic. Artinya, sampah atau limbah medis dibedakan menjadi empat, yaitu limbah farmasi, limbah radioaktif, limbah sitotoksis, dan limbah patologi. Masing-masing limbah ini membutuhkan penanganan khusus sehingga tidak boleh dicampur. Khusus untuk limbah patologi dan infeksius yang berasal dari pasien dengan penyakit menular dan membutuhkan isolasi, plastik sampah medis yang digunakan adalah plastik sampah yang berwarna kuning.

Khusus untuk limbah radioaktif, produsen plastik sampah medis menyediakan plastik sampah berwarna merah yang kemudian disalurkan ke konsumen melalui distributor plastik sampah medis merk Urban Plastic. Radioaktif merupakan bahan kimia berbahaya yang dapat memancarkan energi radiasi. Energi radiasi ini dapat menyebabkan berbagai kelainan dan penyakit pada orang-orang yang terpapar sehingga limbahnya wajib ditangani secara khusus. Limbah medis yang berupa zat radioaktif ini berasal dari laboratorium. Sebagian zat atau bahan kimia yang digunakan di laboratorium medis adalah zat yang bersifat radioaktif sehingga limbahnya tidak boleh dibuang sembarangan, tetapi perlu ditangani dengan baik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari terutama bagi masyarakat sekitar rumah sakit.

Selain warna kuning dan merah, ada juga plastik sampah medis dari distributor plastik sampah medis merk Urban Plastic yang berwarna coklat dan ungu. Untuk plastik sampah medis warna coklat, limbah yang masuk ke dalamnya adalah limbah farmasi. Artinya, plastik sampah warna coklat khusus digunakan untuk menampung limbah obat-obatan dari rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya yang memang telah kadaluarsa atau lewat masa pakai. Sementara itu, plastik sampah warna ungu digunakan untuk menampung limbah yang sifatnya sitotoksis, yaitu limbah yang sifatnya meracun terhadap sel-sel tubuh. Limbah yang sifatnya sitotoksis ini biasanya berasal dari aktivitas kemoterapi yang dijalani pasien, yaitu terapi bagi pasien penderita kanker.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik mulsa merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui : Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau https://wa.me/628111721338, atau:Email : info@kapukmas.com

Open chat