PT. Kapuk Mas Agung Abadi kebanyakan menggunakan bahan daur ulang dalam produksi plastik-plastik kebutuhan pelanggan kami.

Secara singkatnya, proses daur ulang plastik adalah sebuah proses yang mengelola dan menggunakan kembali plastik bekas dan diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual.

Mengapa PT. Kapuk Mas Agung Abadi menggunakan bahan daur ulang plastik dalam proses produksinya?

  • Mengurangi pencemaran plastik dan kerusakan lingkungan karena masyarakat membuang sampah plastik dengan sembarangan.
  • Harga lebih terjangkau.

Kita melihat bahwa sekarang ini sampah plastik sering menjadi momok bagi masyarakat kita, terutama karena kita kurang disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya, sehingga sampah-sampah plastik dapat menyumbat parit-parit di pinggir jalan maupun sungai-sungai, sehingga kita sulit menghindari banjir di setiap musim hujan.

Kita perhatikan bahwa setiap tahunnya produksi sampah plastik kian meningkat.  Pemerintah juga telah menggunakan berbagai cara untuk mengurangi penggunaan plastik.  Salah satunya adalah dengan tidak diizinkannya penggunaan Kantong Plastik HDPE Kresek di pasar, supermarket maupun pusat perbelanjaan lainnya.  Akan tetapi pembatasan penggunaan plastik baru diberlakukan di beberapa kota-kota besar saja dan belum menyeluruh, sehingga penggunaan Kantong Plastik masih sangat banyak di masyarakat kita.

Sebenarnya langkah yang perlu dicegah bukan saja pembatasan penggunaan kantong plastik.  Namun masyarakat juga harus di-edukasi untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya.  Dan juga, setiap pabrik plastik seharusnya berkomitmen untuk membantu pemerintah untuk men-daur ulang sisa plastik sampah mereka.

PT. Kapuk Mas Agung Abadi bekerjasama dengan beberapa pabrik plastik dengan membeli sampah-sampah plastik dari pabrik-pabrik plastik ini.  Terkadang kami juga membeli sampah-sampah plastik dari pemulung-pemulung dengan harga tinggi sehingga membantu kesejahteraan para pemulung tersebut.

Bagaimana Proses Mendaur Ulang Sampah Plastik di Kapuk Mas?

Proses Daur Ulang Sampah Plastik dimulai dengan memilah-milah atau menyortir plastik sampah tersebut.  Setelah disortir, setelah itu akan dimasukkan ke dalam Pelletizing Machine dan diolah menjadi Plastik Bentuk Dasar atau sering juga disebut sebagai Biji Plastik.

Biji Plastik berbentuk kecil-kecil, bahkan lebih kecil dari beras, berukuran kurang lebih: panjang x lebar x tinggi: 2 mm x 2 mm x 2 mm.

Plastik Bentuk Dasar atau Biji Plastik ini dapat digunakan untuk memproduksi Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Geotextile, dan lain sebagainya, sehingga Plastik Bentuk Dasar ini bersifat multi-fungsi.

Kapuk Mas berkomitmen untuk menggunakan Plastik bahan daur ulang untuk membantu pemerintah dalam memerangi sampah plastik.

Open chat