Cor merupakan salah satu teknik dalam konstruksi di mana bahan-bahan seperti kerikil, semen, pasir, dan air dicampur hingga rata dan dituang pada cetakan yang telah diberi kerangka logam.

Aplikasi cor dalam bidang konstruksi bisa bermacam-macam karena sifatnya yang amat fleksibel. Maksudnya, cor dapat digunakan pada bagian bangunan yang sempit sekalipun sehingga sangat berguna. Meski begitu, cor juga memiliki kekurangan, yaitu butuh waktu lama untuk membuatnya. Selain itu, kualitas cor juga bisa berkurang drastis jika proses pemasangannya tidak tepat.

Salah satu material yang sangat penting dalam pembuatan cor adalah plastik cor. Plastik cor merupakan bahan pendukung sehingga cor tetap dapat dibuat tanpa menggunakan bahan ini. Namun, meski hanya material pendukung, peranan plastik cor dalam proses pembuatan cor sangat besar. Ini karena kualitas cor dapat menurun drastis jika tidak menggunakan plastik cor, karena air yang ada pada adonan beton akan meresap ke dalam tanah. Jika hal ini terjadi, cor beton yang dihasilkan cenderung lebih mudah rusak.

Plastik Cor: Pengertian dan Fungsinya – Urban Plastic

Fungsi utama plastik cor adalah untuk menahan agar air pada adonan cor tidak meresap ke dalam tanah. Plastik ini mirip dengan jenis plastik pada umumnya. Meski mirip, bahan yang digunakan untuk membuat plastik cor tidak sama dengan plastik pada umumnya, yaitu polyextract atau PE.

Penggunaan  material ini sebagai bahan utama plastik cor membuat plastik cor memiliki beberapa kualitas yang tidak dimiliki plastik jenis lain, misalnya sifat plastik cor yang ramah lingkungan. Ini karena plastik cor dapat didaur ulang menjadi plastik cor lagi.

Sebelum ada inovasi plastik cor, bahan yang digunakan untuk menahan air sekaligus alas kerja adalah screed atau cor beton kualitas rendah. Namun, untuk membuatnya, dibutuhkan lebih banyak waktu dan biaya. Ini karena screed membutuhkan banyak waktu dalam proses pengeringan. Oleh karena itu, sejak kemunculannya, plastik cor semakin banyak digunakan di bidang konstruksi. Selain karena harganya yang jauh lebih terjangkau dibanding screed, proses pemasangan plastik cor juga lebih cepat dan ringkas.

Plastik cor yang tersedia di pasaran ada dua jenis, yaitu plastik cor warna hijau dan plastik cor bening. Kedua jenis plastik cor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Plastik cor bening memiliki kualitas yang lebih baik dibanding plastik cor hijau karena terbuat dari polyextract murni. Sebaliknya, plastik cor hijau memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding plastik cor bening karena terbuat dari polyextract daur ulang. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memilih plastik cor yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai salah satu material pendukung yang penting dalam pembuatan cor, plastik cor wajib digunakan. Salah satu contohnya adalah pada proyek pembangunan di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, yaitu proyek yang terletak di jogging track Danau 2 sektor 25.

Proyek ini menggunakan plastik cor butek sebagai alas kerja yang langsung menempel dengan tanah. Dengan menggunakan plastik cor ini, air semen akan tetap tertahan di dalam adonan cor sehingga hasil cor pun akan bagus. Namun, saat memasang plastik cor, sudut pemasangan harus diperhatikan dengan saksama agar kemiringannya tepat. Hal ini penting karena kemiringan pemasangan plastik cor yang tidak tepat dapat berimbas pada kurang efektif dan efisiennya proses pengecoran karena material yang digunakan semakin banyak.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Plastik Cor Kapuk Mas, Anda bisa kunjungi https://jualplastikcor.com/ atau hubungi nomor whatsapp kami: 0822 9933 3938.