Harga plastik tambak garam merk Urban Plastik terbilang mahal mengingat harganya dapat mencapai Rp10 ribu untuk plastik geomembran berukuran 100 x 8 meter dengan ketebalan 3 mm. Dengan harga yang cukup mahal tersebut, sebagian petani garam tetap bersedia untuk mengeluarkan lebih banyak modal karena beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan geomembran untuk tambak. Geomembran yang dapat juga disebut sebagai plastik tambak merupakan sejenis plastik yang lebar dan dapat digunakan sebagai alas tambak  garam. Material ini tampak seperti terpal dan biasanya terbuat dari HDPE dan LDPE, yaitu jenis plastik yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dalam bentuk plastik kresek dan kemasan sabun cair atau shampo.

HDPE dan LDPE adalah jenis geomembran yang dapat ditemukan di pasaran. Selain kedua jenis geomembran tersebut, sebenarnya masih ada lagi jenis geomembran yang lain. Namun, geomembran HDPE dan LDPE adalah yang paling sering atau paling mudah dijumpai. Geomembran LDPE terbuat dari low density polyethylene yang memiliki ikatan molekul lebih sederhana dibanding polimer high density polyethylene (HDPE). Oleh karena itulah HDPE memiliki karakteristik yang lebih kuat dibanding LDPE. Dengan karakteristik tersebut, geomembran yang direkomendasikan untuk tambak adalah geomembran HDPE, sedangkan geomembran LDPE digunakan untuk keperluan konstruksi. Karena hal inilah harga plastik tambak garam merk Urban Plastik atau geomembran HDPE berbeda dengan harga geomembran LDPE.

Harga Plastik Tambak Garam Merk Urban Plastik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Dibanding geomembran LDPE, geomembran HDPE memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah memiliki ketahanan terhadap suhu panas yang baik. Geomembran HDPE mampu menahan panas hingga temperatur 90 derajat celsius. Oleh karena itulah geomembran jenis ini cocok digunakan sebagai alas tambak garam maupun tambak ikan atau udang yang terpapar sinar matahari langsung. Dengan karakteristik tersebut, geomembran HDPE dapat digunakan dalam jangka waktu lama meski setiap hari terpapar sinar matahari. Penggunaan geomembran HDPE yang ideal sebagai plastik tambak adalah sekitar 3 tahun untuk geomembran dengan ketebalan 0,3 mm. Karena usia pakainya cukup lama, wajar saja jika harga plastik tambak garam merk Urban Plastik atau geomembran HDPE ini cukup mahal.

Selain memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu panas, plastik geomembran HDPE juga memiliki ketahanan terhadap korosi serta bersifat impermeabel atau kedap air. Dengan sifatnya ini, geomembran HDPE dapat digunakan pada tempat yang terendam air tanpa mengalami kerusakan. Karena kelebihan tersebutlah geomembran HDPE biasa dipilih untuk tambak baik tambak garam maupun tambak perikanan walau harga plastik tambak garam merk Urban Plastik ini cukup mahal. Selain sifatnya yang tahan panas, korosi, dan tahan air, geomembran HDPE juga membuat tambak tidak mudah mengalami pencemaran air. Hal ini dapat terjadi karena geomembran HDPE mampu menahan tanah atau lumpur yang ada di dasar tambak agar tidak naik dan mencampuri air tambak.

Plastik geomembran HDPE dipilih untuk tambak karena berbagai kelebihannya tersebut. Namun, dibalik kelebihannya, plastik geomembran HDPE juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah harga plastik tambak garam merk Urban Plastik yang satu ini cukup mahal. Tergantung dari ketebalannya, plastik geomembran HDPE dapat dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itulah penggunaan plastik geomembran untuk tambak perlu disesuaikan dengan kondisi lahan tambak agar biaya produksi yang dikeluarkan tidak membengkak. Plastik geomembran yang digunakan pada tambak garam juga dapat membuat petani garam kesulitan apabila hujan terjadi di musim kemarau dan menyebabkan terjadinya genangan pada dasar tambak. Jika hal itu terjadi, geomembran harus dilepas terlebih dahulu untuk mengeringkan dasar tambak.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Tambak Garam merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui : Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau  https://wa.me/628111721338, atau: Email : info@kapukmas.com

Open chat