Geomembrane merupakan jenis material geosintetik mempunyai bentuk lembaran dan cocok diaplikasikan sebagai berbagai macam termasuk jual plastik tambak ikan. Geomembrane terbuat dari bahan High density polyethylene (HDPE). Jenis geosintetik ini memiliki tingkat impermeabilitas atau memiliki fungsi lapisan kedap air dan juga mampu bertahan dari terpaan sinar ultra violet. Geomembrane juga dikenal mampu tahan terhadap berbagai macam bahan-bahan kimia berbahaya oleh sebab itu tidak jarang pula ini dimanfaatkan sebagai kolam limbah. Ini juga baik digunakan sebagai tambak karena sifat impermeable liner ini baik agar terhindarnya air bersih terkontaminasi air tanah yang kotor dan juga limbah yang ada pada permukaan bawah tanah.

Pemanfaatan geomembrane sebagai plastik tambak ikan sudah cukup umum digunakan terutama untuk tambak intensif. Kebutuhan akan panganan ikan di Indonesia tergolong tinggi, ikan juga dapat dijadikan berbagai olahan makan yang awet, sehingga mampu diekspor ke berbagai daerah. Beberapa toko jual plastik tambak ikan dikarenakan plastik geomembrane dapat melindungi dari berbagai lingkungan. Geomembrane mampu melindungi berbagai masalah seperti menahan dasar pada tambak ikan dengan baik sehingga tidak mudah mengalami penemaran.  Perlu diperhatikan pula ketika menggunakan geomembrane sebagai alas kolam tambak ikan adalah umumnya plastik ini berwarna hitam dan pastikan kembali bahan yang digunakan adalah HPDE yang mengandung carbon black karena jenis ini lebih kuat.

Cara Memilih Tempat Jual Plastik Tambak Ikan Terbaik

Untuk pelapis tambak ikan pastikan anda mendapatkannya dari penjual terbaik karena saat ini cukup banyak tambak yang menjual geomembrane sebagai plastik tambak ikan. Pilihlah pelapis tambak ikan jenis geomembrane HDPE yang sudah terukti kuat, awet, dan, tahan, lama dan mudah dipasang. Sebagai plastik tambak ikan  yang akan anda beli tentu saja anda mempertimbangkan berbagai hal seperti keadaan lahan menentukan ketebalan Geomembrane HDPE yang akan anda beli. Contohnya jika anda akan menggunakan pada lahan yang halus, tidak berbatu dan pasir, masih bisa menggunakan plastik HDPE berketabalan 0,2 mm. akan tetapi jika lahan tersebut berkerikil sebaiknya anda membersihkannya terlebih dahulu, kemudian mengaplikasikan plasitik geomembrane pada area lahan tersebut. Lalu gunakan jenis plastik dengan ketebalan mulai dari 0,3 mm. Secara umum petani tambak menggunakan standar plastik geomembrane sekitar ukuran 0,3 mm sampai 0,7 mm atau sekitar 300 sampai 700 micron.

Masa Penggunaan Plastik Geomembrane pada Tambak Ikan

Tips masa penggunaan atau daya tahan plastik geomembrane sebagai pelapis tambak ikan adalah pada persiapan awal dan pengolahan lahan. Semakin baik suatu persiapan pembuatan kolam dan pelapisannya, kemudian diiringi dengan pengolahan tambak yang baik maka akan semakin memperpanjang usia plastik geomembrane tersebut. Salah satu cara meningkatkan masa penggunaan plastik geomembrane HPDE sebagai tambak ikan adalah dengan membersihkan tanah terlebih dahulu dari benda-benda tajam, runcing agar tidak mudah sobek. Inilah yang dianggap sebagai persiapan yang baik. Walaupun geomembrane HDPE yang sobek masih dapat diatasi dengan pemanasan dan penutupan pada bagian yang sobek. Akan tetapi lebih baik mencegah dari pada harus memperbaiki karena dapat menekan biaya dalam proses pengolahan tambak ikan. Dengan mengikuti keterenagan tersebut maka masa penggunaan sekitar 3 tahunan geomembrane akan tahan sebagai tambak ikan. Masa penggunaan tersebut bisa lebih panjang jika menggunakan jual plastik tambak ikan dengan ketebalan yang lebih seperti 500 micron (0,5 mm) dapat berumur hingga 5 tahun.

Keunggulan Plastik Geomembrane Sebagai Pelapis Tambak Ikan

Geomembrane HDPE sebagai pelapis udang dapat mengurangi risiko penyakit dan perkembangan bakteri pada ikan di dalam tambak. Dengan demikian kita dapat menghemat biaya obat-obatan selama proses pegolahan tambak. Selain itu geomembrane meningkatkan hasil panen karena lebih mudah dalam pembersihan kototan, rumput dan zat pencemar lainnya yang mengakibatkan kerugian. Perhatikan toko jual plastik tambak ikan yang akan anda beli karena dibandingkan dengan jenis material lain seperti beton atau semen, plastik geomembrane dapat mengurangi kehilangan air dan menngkatkan konservasi air (kemampuan meloloskan pertikel yang rendah). Geomembrane juga dapat mengurangi erosi pada tambak ikan dan dapat mempertahankan kualitas air dengan baik, ini dikarenakan geomembrane mampu menahan tanah dasar tambak tidak masuk dan juga bahan ini tidak mengandung bahan aditif berbahaya. Walaupun ada beberapa hal yang harus anda tetap perhatikan untuk bahan jenis ini tergolong berat, dikarenakan tersusun dari komponen yang komplek. Namun walau begitu plastik ini memiliki daya tahan yang lama bahkan beberapa mengkalim penggunaannya dapat bertahan hingga 7 sampai 10 tahun. Bagaimana apakah anda sudah siap menggunakan geomembrane sebagai tambak ikan?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai geomembrane merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui WhatsApp/ Mobile Phone: +62811 1721 338 (Cila) atau https://wa.me/628111721338 atau Email: info@kapukmas.com.

Open chat