Harga plastik kolam per meter merk Urban Plastik sangat dipengaruhi oleh ketebalan plastik kolam yang bersangkutan. Plastik kolam yang juga dikenal dengan nama geomembran memiliki banyak jenis tergantung dari bahan utama pembuatannya. Meski begitu, geomembran LDPE dan HDPE adalah jenis yang paling mudah ditemui. Kedua jenis geomembran tersebut memang sangat mudah ditemui, tetapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda di mana geomembran HDPE biasa digunakan untuk kolam atau tambak, sementara geomembran LDPE biasa digunakan dalam proyek konstruksi. Hal ini dapat terjadi karena kedua jenis geomembran tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itulah rekomendasi penggunaan keduanya pun berbeda. Selain itu, harga keduanya juga berbeda.

Sebagai jenis geomembran yang digunakan untuk kolam, geomembran HDPE memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding geomembran LDPE. Hal ini dapat terjadi karena low density polyethylene (LDPE) memiliki struktur molekul yang berbeda dengan high density polyethylene (HDPE). HDPE yang termasuk jenis plastik ini memiliki kepadatan molekul yang lebih tinggi dibanding LDPE. Dengan kepadatan molekul yang lebih tinggi, geomembran HDPE pun memiliki karakteristik yang lebih kuat dan ketahanannya lebih tinggi dibanding geomembran LDPE. Karena sifat yang lebih kuat serta daya tahan yang lebih tinggi, harga plastik kolam per meter merk Urban Plastik ini juga lebih mahal tergantung dari ketebalannya. Semakin tebal, semakin mahal pula harganya.

Harga Plastik Kolam Per Meter Merk Urban Plastik dan Keuntungan Penggunaannya

Dalam budidaya perikanan, kolam atau tambak sangat dibutuhkan di mana umumnya, tambak tidak menggunakan lapisan dasar dan kolam biasanya menggunakan terpal. Terpal memang dapat digunakan sebagai alas atau lapisan dasar kolam atau tambak, tetapi penggunaannya tidak memungkinkan dalam waktu lama karena masa pakainya tidak begitu lama. Selain itu, terpal juga rawan bocor serta tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Karena beberapa kekurangan tersebut, penggunaan terpal kurang direkomendasikan dan lebih disarankan untuk mengganti terpal dengan geomembran atau plastik kolam. Meski harga plastik kolam per meter merk Urban Plastik atau geomembran ini lumayan mahal, masa pakainya cukup lama sehingga sangat cocok digunakan untuk usaha budidaya perikanan yang berkelanjutan.

Geomembran yang biasa digunakan untuk kolam atau tambak adalah geomembran yang terbuat dari plastik high density polyethylene (HDPE). Geomembran jenis ini dapat memberikan beberapa keuntungan kepada peternak ikan maupun udang sehingga penggunaannya sangat direkomendasikan. Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh geomembran HDPE kepada peternak ikan maupun udang adalah tingkat kematian ikan atau udang yang rendah. Penggunaan geomembran HDPE memungkinkan terjadinya penurunan tingkat kematian ikan karena sifatnya yang mampu menahan fluktuasi suhu pada kolam. Akibatnya, ikan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena hama maupun penyakit sehingga ikan atau udang yang dihasilkan pun akan meningkat. Karena kelebihan inilah harga plastik kolam per meter merk Urban Plastik terbilang mahal.

Selain mampu meningkatkan hasil produksi dan mengontrol lingkungan kolam tempat ikan dibudidayakan, geomembran HDPE dengan harga plastik kolam per meter merk Urban Plastik yang terbilang mahal ini juga dapat meningkatkan kualitas ikan yang dihasilkan. Hal ini berkaitan dengan aroma daging ikan yang terkadang bercampur dengan aroma tanah, terutama pada ikan yang dibudidayakan di kolam tanah. Ikan yang memiliki aroma tanah cenderung tidak disukai konsumen karena rasa dagingnya yang kurang sedap. Namun, masalah ini tidak akan terjadi pada ikan yang dibudidayakan di kolam yang menggunakan geomembran. Hal ini dapat terjadi karena lapisan geomembran dapat menahan lumpur yang ada di dasar kolam agar tidak naik dan bercampur dengan air di kolam.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai geomembrane merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui : Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau  https://wa.me/628111721338, atau: Email : info@kapukmas.com

Open chat