Memakai Geomembrane Merk Urban Plastic untuk Tambak Udang di Kabupaten Sumbawa sangatlah menguntungkan. Negara Indonesia adalah negara maritim dengan hasil laut berlimpah. Sebagian nelayan menangkap ikan di laut lepas dan sebagian lainnya membudidayakan tangkapannya dengan membuat tambak. Di wilayah Kabupaten Sumbawa, tambak udang maupun bandeng lumrah ditemukan. Salah satu peralatan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan tambak adalah geomembrane. Geomembrane adalah lembaran kedap yang terbuat dari polimer plastik. Geomembrane dipasang pada bagian dasar tambak yang sebelumnya telah dilapisi dengan kain geotextile. Tujuan pemasangan geomembrane adalah untuk mencegah pencemaran air pada tambak sehingga ikan terjaga kesehatan dan kuantitasnya. Jika anda tertarik untuk membuat tambak sebagai usaha simak artikel berikut yang akan menjabarkan proses pembuatan tambak.

Sebelum merencanakan pembuatan tambak, pastikan lokasi tambak berada di garis pantai atau tidak jauh dari sumber air payau. Selain itu, diperlukan pula sumber energi berupa listrik maupun diesel untuk memompa air pada tambak, khususnya tambak yang ketinggian berada di bawah permukaan laut. Desain tambak sesuai dengan lahan dan kuantitas ikan yang tersedia, pahami konsep biosekuriti (ketahanan hayati) sebelum melakukan eksekusi. Salah satu pengaplikasian konsep biosekuriti pada tambak adah memasang Geomembrane Merk Urban Plastic untuk Tambak Udang di Kabupaten Sumbawa untuk mencegah jamur dan bakteri yang berasal dari dinding tambak. Konstruksi tambak wajib mengutamakan konsep kedap dan mencegah kekeruhan air dengan penggunaan kincir. Tambak dapat terbuat dari tanah, pasir, semen, bahkan lapisan plastik tergantung pada kondisi lingkungan tempat dibuatnya tambak.

Umumnya tambak berukuran 500-2000m2 agar memudahkan sistem pengelolaan air. Sebagai contoh jika terdapat lahan 1 hektar, maka lahan efektif yang dapat digunakan untuk tambak adalah sebesar 5000-6000m2. Kemudian untuk modal pembuatan tambak, setidaknya tambak dengan kualitas sangat baik membutuhkan modal sekitar Rp 500.000,00 per m2. Untuk memulainya, anda bisa memulai usaha tambak dengan lahan minim atau skala rumahan.  Tambak skala rumahan dengan luas 300-400m2 dengan pemakaian dua kincir dapat menampung 50 hingga 60 ribu ekor udang tiap petaknya. Dengan kuantitas udang tersebut maka target panennya berkisar di angka 0,75 hingga satu ton dengan sistem panen parsial saat umur udang mencapai 60 hari atau lebih. Tidak lupa pula untuk memakai Geomembrane Merk Urban Plastic untuk Tambak Udang di Kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan kualitas udang pada tambak.

Sebagai pengusaha tambak, maka kita tidak hanya mencetak keuntungan semata namun juga perlu memperhatikan keberlanjutan lingkungan (sustainability). Keberlanjutan lingkungan sangat mempengaruhi ketahanan tambak. Salah satunya adalah melalui pengelolaan limbah tambak. Tambak dengan konstruksi yang baik tentunya memiliki kolam pengendapan saat aliran air laut masuk. Kemudian air laut tersebut disaring terlebih dahulu dan menyisakan air payau sesuai dengan habitat hewan di tambak. Geomembrane Merk Urban Plastic untuk Tambak Udang di Kabupaten Sumbawa berfungsi sebagai separator dan filter air pada tambak. Keberlanjutan lingkungan tersebut juga mencegah hewan di tambak terserang infeksi bahkan kematian. Hal tersebut tentunya mempengaruhi cost atau biaya produksi tambak.

Meskipun modal yang dikerahkan tidak sedikit, namun keuntungan yang didapat dari usaha tambak sangat menjanjikan. Maka dari itu dibutuhkan lingkungan yang mendukung, kualitas air yang baik, serta desain yang sesuai dengan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). Salah satu persiapan tersebut diataranya adalah menyediakan Geomembrane Merk Urban Plastic untuk Tambak Udang di Kabupaten Sumbawa bagi usaha tambak anda.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geomembrane merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id .