Geotextile non woven terkuat merk Urban Plastic merupakan salah satu produk geotextile dari Urban Plastic yang bentuknya seperti karpet kain. Produk yang disebut dengan nama filter fabric ini termasuk jenis geotextile yang terbuat dari bahan polypropylene (PP) atau polyesther (PET) yang tidak teranyam. Seperti namanya, material ini digunakan dalam bidang konstruksi yang fungsi utamanya adalah untuk membatasi tanah dengan material yang akan dijadikan badan jalan atau siste perkerasan. Peran material ini sangat penting mengingat tanah umumnya mengandung air dan kelembapan yang dapat mempengaruhi proses perkerasan jalan. Oleh karena itulah material ini perlu digunakan saat membuat jalan. Dengan begitu, bagian jalan dapat dipertahankan kekerasannya.

Begitu pentingnya peran geotextile non woven terkuat merk Urban Plastic sehingga material ini harus digunakan dalam proses pembuatan jalan. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi tanah di suatu daerah, termasuk curah hujan, struktur tanah, dan lain-lain. Misalnya, di daerah yang curah hujannya tinggi, apabila tanah tidak becek atau berlumpur, kemungkinan besar tanah mengandung banyak kelembapan yang berpotensi merusak siste perkerasan jalan. Saat proses pembangunan jalan, siste perkerasan tentunya diharapkan dapat kering dan mengeras dengan cepat sehingga jalan dapat segera digunakan. Namun, hal ini akan sulit dicapai apabila pembangunan jalan dilakukan saat musim hujan sementara tanah dan bagian perkerasan jalan tidak disekat.

Fungsi Geotextile Non Woven Terkuat Merk Urban Plastic

Fungsi geotextile non woven terkuat merk Urban Plastic yang pertama adalah sebagai pemisah atau separator. Maksudnya, material yang tampak seperti karpet ini mencegah tercampurnya material yang tidak seharusnya tercampur. Contoh sederhananya adalah pada pembangunan jalan yang dilakukan di atas tanah berlumpur. Tanah yang berlumpur jelas memiliki tekstur yang lembek dan kandungan airnya tinggi. Apabila pembangunan jalan dilakukan di atas tanah berlumpur tanpa adanya pemisah atau separator, lumpur tersebut dapat tercampur ke bagian jalan yang seharusnya mengeras. Dengan menggunakan material geotextile non woven, tidak hanya lumpur dapat dicegah agar tidak tercampur dengan siste perkerasan jalan, tetapi juga membuat proses pemadatan sistem perkerasan semakin cepat.

Selain berfungsi sebagai separator alias pemisah, geotextile non woven terkuat merk Urban Plastic juga berfungsi sebagai filter atau penyaring. Salah satu sifat geotextile non woven adalah mampu ditembus oleh air alias permeabel. Akibatnya, dengan menggunakan material ini, aliran air yang masuk ke tanah tidak akan tertahan kecuali partikel-partikel tanah yang terbawa oleh air. Umumnya, fungsi geotextile non woven sebagai penyaring atau filter ini digunakan pada proyek drainase bawah tanah atau subdrain. Dengan menggunakan material ini sebagai alat penyaring pada drainase bawah tanah, saluran drainase tidak akan mudah mampet karena material yang seperti karpet ini dapat menahan partikel tanah yang ikut terbawa air saat hujan.

Geotextile non woven terkuat merk Urban Plastic juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai stabilisator untuk memperkuat tanah hasil timbunan, termasuk untuk proyek memperkuat lereng. Namun, fungsi geotextile non woven sebagai penguat atau stabilisator masih diperdebatkan di kalangan ahli geoteknik. Pasalnya, material ini bekerja dengan metode membrane effect, yaitu mengandalkan kuat tarik atau tensile strength. Struktur geotextile pada dasarnya tidak kaku sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan setempat pada timbunan. Apalagi geotextile memiliki sifat yang mudah mulur saat terkena air karena adanya reaksi hidrolisis. Oleh karena itulah menggunakan geotextile sebagai bahan perkuatan lereng cukup rawan sehingga masih menjadi bahan perdebatan hingga sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai geotextile merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau Email : info@kapukmas.com

Open chat